Jubilee High School: We’re Healthy-Functioned Grown-Ups!

“Kak, pacarku udah satu kali selingkuh, harusnya aku putusin gak ya?”
“Aku lagi deketin cewe, tapi ditikung sama temen baikku sendiri. Aku harus gimana?”
“Kak, kalau masturbasi bisa bikin kopong gak, Kak?”

“Kalau masturbasi apa sperma bisa habis?”

 

It was a pleasure and honor to meet these bright, energetic, sweet, young men and women.

8 April 2015, Angsamerah diundang untuk mengisi salah satu sesi pendidikan seks di SMA Jubilee. Kami-saya dan dr. Abi-sangat terkesan dengan sekolah ini yang menaruh perhatian khusus pada pentingnya anak didik di bangku SMA memiliki pengetahuan seks dan reproduksi yang memadai.

Materi yang kami bawakan adalah materi yang sangat dekat dengan keseharian remaja, dengan judul “We’re Healthy Functioned Grown-Ups!”. Berangkat dari judul ini kami membahas dan mendiskusikan bersama-sama bagaimana menjadi remaja yang sehat secara fisik dan psikis.

Dari segi fisik, diskusi tentang cara perawatan organ seksual/reproduksi serta masturbasi dibahas. Rentetan pertanyaan tentang masturbasi tak henti-hentinya dilontarkan para teman-teman remaja dengan antusias. Dari segi psikis, diskusi tentang gaya berpacaran yang sehat  dimulai lewat aktivitas mengkritisi lirik lagu-lagu populer yang terkadang mempromosikan perilaku berpacaran yang kurang sehat (pernah perhatikan bahwa lirik lagu “Animal” dari si seksi Adam Levine ternyata mempromosikan perilaku stalking yang creepy? Atau lirik lagu “Dear Future Husband” dari Meghan Trainor ternyata mungkin adalah bentuk kekerasan terhadap laki-laki?).

Terima kasih kepada Ibu Wiwiek, Bapak Guritno, Ibu Maria, dan Bapak Tama yang sudah memberikan kami kesempatan sharing dengan teman-teman dari SMA Jubilee. Dan tentunya, terima kasih kepada kalian, anak-anak muda yang luar biasa atas sambutan hangatnya! Until we meet again!

 

Inez Kristanti, S.Psi.
Youth Manager Klinik Yayasan Angsamerah
14 April 2015

Posted on April 14, 2015 in Event

Share the Story

About the Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top