TKK dan SDK Penabur 9: Child Sexual Abuse

“Dok, anak saya pernah mengalami kejadian traumatis secara seksual beberapa tahun lalu. Sampai sekarang saya ketakutan kejadian itu masih diingatnya, apalagi kalau sedang bicara tentang seks. Saya harus bagaimana ya?”
“Saya punya anak yang sekarang suka memegang-megang penisnya, apa yang harus saya lakukan ya?”
“Apa yang harus saya lakukan kalau ada adegan ciuman di film yang sedang kami tonton bersama?”

 

8 April 2015, Angsamerah diundang untuk mengisi salah satu sesi bersama orang tua di TKK dan SDK 9 Penabur. Sesi ini dibawakan oleh psikiater Ratna Mardiati, dr, SpKJ. Kami-tim Angsamerah-sangat terkesan dengan sekolah ini yang menaruh perhatian bukan hanya ke prestasi akademik siswa, tetapi juga keterampilan orang tua dalam menjadi mitra mereka dalam mendidik anak, khususnya dalam hal seksualitas.

Materi yang dibawakan adalah seputar isu yang saat ini menjadi salah satu concern utama orang tua, yaitu bagaimana menjaga anak mereka dari kekerasan seksual serta mengenali tanda-tandanya. Dokter Ratna juga menekankan pentingnya memahami tahap-tahap perkembangan seksual anak, sehingga orang tua akan dapat mengenali apabila ada tanda-tanda seksual yang di luar dari perkembangan normalnya.

Antusiasme dari sekitar 150 orang tua murid yang mengikuti sesi pun sangat terasa. Mereka tidak sungkan bertanya dan berbagi pengalaman tentang kekerasan seksual yang pernah mereka temukan. Lebih dari itu, para orang tua juga menunjukkan ketertarikan yang besar dalam memahami perkembangan seksual anak mereka. Walaupun sehari-harinya mereka mungkin bekerja, tetapi keselamatan dan kesehatan mental anak tetap menjadi prioritas utama.

Kami dari tim Angsamerah berterima kasih kepada pihak TKK dan SDK 9 Penabur atas kesempatan yang diberikan. Adalah kehormatan dan kesenangan tersendiri setiap kali kami diberi kesempatan untuk bertemu orang-orang yang punya antusiasme untuk belajar dan terbuka secara sehat dengan isu seksualitas.

Kalau Anda juga adalah sekolah yang ingin membekali anak didik dan orang tua murid tentang pengetahuan tentang seks, kami, Angsamerah, selalu terbuka untuk menjadi mitra Anda. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya!

 

Inez Kristanti, S.Psi.
Youth Manager Klinik Yayasan Angsamerah
15 Mei 2015

Posted on May 15, 2015 in Event

Share the Story

About the Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top